Posted by: safarah | 52007000UTC12bUTCFri, 07 Dec 2007 12:53:32 +0000 24, 2007

The kingdom

Jenis Ulasan:

Film

Isi Ulasan:

Tayang : 22 November 2007 (Indonesia)
Genre : Thriler, Aksi / Laga
Pemain : Jamie Fox, Chris Cooper, Jenifer Garner, Jason Bateman, Jeremy Piven, Danny Huston, Richard Jenkins, Ashraf Barhoum, dan Ali Suliman
Sutradara : Peter Berg
Naskah : Matthew Michael Carnahan
Website : http://www.thekingdommovie.com
Studio : Universal Pictures
Klasifikasi Penonton : Dewasa

Arab Saudi, negara penghasil minyak terbesar dunia, dan Amerika Serikat adalah konsumen minyak terbesar dunia. Dari situ ke dua negara ini berhubungan erat, namun tidak semua pihak dapat menerima kenyataan ini begitu saja. Pemerintah dan masyarakat tentu punya pandangan masing-masing.

Benturan kepentingan dan budaya antara Barat dan Timur adalah ciri khas  film ini. Sutradara Peter Berg membuat latar belakang film ini dengan sangat apik. Bayangkan, ketika seorang agen wanita Amerika harus mendapatkan kesulitan dalam melakukan penyelidikan mayat seorang muslim. Adegan action yang dikemas dalam konflik kepentingan dan disisipi beberapa bagian yang diambil dari realitas sosial yang terjadi membuat film ini patut mendapat acungan jempol.

Konflik yang coba diangkat oleh Matthew Michael Carnahan, dapat membuat penonton menjadi tegang dan terus berpikir akan makna yang coba disampaikan. Perpaduan akting Jamie Fox dan rekan-rekan sebagai orang Amerika yang coba beradaptasi dengan budaya timur sangat mempesona dan berkualitas, begitu pula dengan Asraf Barhoum dan Ali Suliman sebagai polisi Arab yang terjebak dalam dua kepentingan yang berhadapan, membela keyakinan yang dianut oleh sebagian warganya atau membantu rekan-rekan Amerika-nya.

Dikisahkan, bahwa agen khusus FBI, Ronald Fleury (diperankan dengan lugas oleh aktor peraih oscar, Jamie Fox), berniat untuk menyelidiki tragedi peledakan di daerah pemukiman warga Amerika, Riyadh, dan Arab Saudi. Ratusan orang tewas oleh bom bunuh diri, rentetan tembakan dan bom mobil yang berdaya ledak tinggi. Fleury membentuk tim khusus (Chris Cooper, Jenifer Garner, Jason Bateman) yang akhirnya berangkat ke lokasi kejadian atas izin pangeran Arab. Disana agen Amerika ini bekerjasama dengan Kolonel Al-Ghazi (Ashraf Barhoum, penampilan yang baik dan meyakinkan), dari kepolisian setempat yang ditugaskan menjaga keselamatan mereka selama berada di Arab Saudi, untuk dapat menangkap pelaku pemboman. Kendala-kendala yang dihadapi mereka, seperti masalah kewenangan, adat istiadat masyarakat dan birokrasi yang berbelit-belit, hal yang sama kita temukan di negeri sendiri.

Penggambaran secara detil atas tiap kejadian yang menjadi kelebihan film ini, memang sedikit merekonstruksi sebuah pemikiran satu sisi yang sangat berbau Amerika dengan kebijakan anti terorisme-nya, namun sebagai sebuah hiburan The Kingdom sangat mewakili keseriusan pembuatnya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: